Senin, 31 Oktober 2011

dusta trhdp imam hanifah

Qultu Man Ana Juz-dua
Diriwayatkan dari Abi Muthi’ al
balkhi, sesungguhnya ia bertanya pada imam Abu hanifah RA tentang orang yang berkata :
Aku tidak tau apakah tuhanku
dilangit atau dibumi ? , maka
Beliau menjawab : Org tersebut telah KAFIR ! Karena Allah Taala berfirman : Allah yang maha Rohman istawa diatas arasy (QS. THOHA) Dan arasnya diatas 7 langitnya',
* jangan lebay ah *
Unggah Seluler
MEMBONGKAR DUSTA WAHABI TERHADAP PERKATAAN TENTANG AQIDAH YANG DISANDARKAN PADA ...ABU HANIFAH RAHU

Wahabi menyandarkan aqidahnya SESATNYA pada perkataan imam Abu hanifah yg terdapat dalam syarah Fiqh al akbar hal 197-198 DGN pensyarahnya adalah mula ali alqori, perkataan tersebut :
Diriwayatkan dari Abi Muthi’ al balkhi, sesungguhnya ia bertanya pada imam Abu hanifah RA tentang orang yang berkata :
Aku tidak tau apakah tuhanku dilangit atau dibumi ? , maka Beliau menjawab : Org tersebut telah KAFIR ! Karena Allah Taala berfirman : Allah yang maha Rohman istawa diatas arasy (QS. THOHA) Dan arasnya diatas 7 langitnya',
bagaimana kalau ia bertanya: Allah diatas arasnya tapi aku tidak tahu apakah arasnya di langit atau di bumi, maka Beliau menjawab lagi: Orang itu
telah kafir karena ia inkar akan adanya Allah dilangit,
sebab Allah diatas iliyiin (Abu
Hanifah).

KITA JAWAB :
Riwayat ini dusta dan batil,dan seolah menyatakan haqiqat dzat Allah diatas langit,dan ini dibuat- buat atas imam abu hanifah Sebab:
1-Riwayat tersabut tidak ada
dalam matan fiqhul akbar (karya abu hanifah), tetapi termasuk dalam masalah yang dicantumkan oleh pensyarah kitab tersabut yaitu Mula ali alqori.
2. DAN perowinya yaitu Abu muthi’ albalkhi sebagaimana
dikatakan oleh ibnu abi al izzi
bin abdissalam di dlm syarah
at thohawi juz 2/480 menukil perkataan dari ibnu katsir: adapun abu muthi yaitu alhakam bin abdillah bin maslamah albalkhi tlah di doifkan oleh:
Imam ahmad bin hambal juga yahya bin ma’in berkata : tdk ada apa-apanya, juga al bukhori berkata dia dhoif dengan pemikirannya,juga
didoifkan oleh hatim ar razin,
muhamad bin hiban,ibnu adi dan darqutni juga oleh yg lainnya.

TELAH Berkata syekh musthofa abu saif alhamami
dalam kitabnya (gaus al ibad
bibayani arrosyad hal 341-342) dari penjelasn ini kita simpulkan 3 hal:
1. riwayat ini tidak ada dalam
fiqh al akbar imam abu hanifah,tetapi hanya dinukil
oleh penukilnya atas nama abu hanifah dengan menyandarkan pada kitab beliau FIQH AL AKBAR, dan itu
kebohongan dan bid’ah aqidah.
2. perowinya dicela karena pemalsu maka tidak halal bersandar dengan riwayatnya dalam hukum furu, apalagi hukum usul, maka mengambil riwayatnya adalah khiyanat.
3. perowi ini telah divonis berdusta atas nama abu hanifah RA oleh imam izudin
abdussalam seorang ulama
yang tsiqoh.

Nah jika diperkirakan riwayat itu benar ???

Maka telah menjawab syaikh imam izudin bin abdsalam dalam kitab hillur rumuz seperti di nuqilkan oleh imam
ali qori dalam syarahnya fiqh akbar hal 271, berkata imam izzu : bahwa orang yang berkata saya tidak tahu apakah Tuhan dilangit atau dibumi dihukumi kafir’, karenA
ucapan tersebut memberi prasangka bahwa Allah bertempat dan berarah,barang siapa berfikiran seperti itu, maka ia adalah
musyabih.
BERKATA MULA ALI ALQORI BAHWA IMAM IZUDIN BIN ABDISALAM ADALAH SEORANG
ULAMA YANG UTAMA DAN TERPERCAYA.

PELAJARAN DARI UCAPAN DIATAS BAHWA IMAM IZUDIN
BIN ABDISALAM BERKATA:
KUFURNYA ORANG YANG BERKATA DENGAN UCAPAN DIATAS KARENA MENJADIKAN
ALLAH DIBATASI ARAH DAN TEMPAT, KETIKA ADA PADA ARAH DAN TEMPAT MAKA ALLAH BUTUH PADA YANG MENCIPTANYA, DENGAN TIDAK
RAGU LAGI, JADI MAKSUDNYA TIDAK SEPERTI YANG DISANGKA
OLEH KAUM MUSYABIH YANG MENYATAKAN ALLAH BERTEMPAT DIARASY DI ATAS
LANGIT DENGAN HUJAH PERKATAAN IMAM ABU HANIFAH, PADAHAL SEBAGAIMANA TADI
DIJELASKAN BAHWA PEROWINYA PENDUSTA MENURUT AHLI HADIS.

IMAM ABU HANIFAH TELAH MENJELASKAN DI BANYAK HALAMAN DALAM KITABNYA
BAHWA ALLAH TIDAK BERTEMPAT DAN BERARAH,CONTOH :
IMAM ABU HANIFAH BERKATA DALAM KITABNYA ALWASIYAT HAL 61, SEPERTI JUGA DI NUQIL DALAM SYARAH FIQH AL AKBAR : KAMI MENETAPKAN AYAT TENTANG ALLAH ALA AL-ARSY ISTAWA’ DENGAN TIDAK BERMAKNA MEMBUTUHKAN
ARASYNYA DAN TIDAK MENETAP,JUSTRU ALLAH YANG MENJAGA ARASY DAN YANG LAINYA,SEANDAINYA ALLAH MEMBUTUHKANNYA, TIDAK LAH ALLAH AKAN KUASA MENCIPTA ALAM DAN MENGATURNYA, SAMA SEPERTI MAHLUKNYA, MAKA ALLAH MAHA SUCI DARI HAL TERSEBUT.

ADAPUN PERKATAAN IBNU QOYYIM DALAM KITAB NUNIYAH-NYA BAHWA BERKATA NU’MAN (ABU HANIFAH) DAN JUGA ABU
YUSUF, ADAPUN UCAPAN NU’MAN YAITU BARANG SIAPA
TIDAK MENETAPKAN ALLAH BERADA DI ARASYNYA DIATAS LANGITNYA, DIATAS SEGALA SESUATU, MAKA TIDAK RAGU
LAGI TELAH KAFIR TRHADAP ALLAH’,INILAH PERKATAAN DALAM FIQH AL AKBAR JUGA DLM BEBERAPA SYARAHNYA(IBNU QOYYIM-RED).

JAWABAN: ITU KEBOHONGAN IBNU QAYIM TERHADAP IMAM ABU HANIFAH RAHU, SEBAGAIMANA TADI DIJELASKAN BAHWA PERKATAAN ITU TIDAK ADA DALAM FIQH AL AKBAR, DAN
KITAB FIQH AL AKBAR ADA DI DEPAN KAMI DAN BISA DICARI,
TOH GAK ADA UCAPAN TERSABUT, JUGA TIDAK TERDAPAT JUGA PERKATAAN
IMAM ABU YUSUF (TEMAN IMAM ABU HANIFAH RAHU)

TELAH BERKATA SYEIKH MUSTOFA AL HAMAMI DARI ULAMA AZHAR: TIDAK RAGU LAGI
INI ADALAH KEDUSTAAN.
BERKATA AL KAUTSARI DALAM KITAB TAKMILAH-NYA HAL 108.
MUNGKIN WAHABI MASIH BANTAH HUJAH DI ATAS,DENGAN APA YG DI SEBUTKAN OLEH AD DZAHABI KETIKA MENUKIL DARI IMAM BAEHAQI DALAM KITABNYA AL ASMA WA SIFAT, YAITU: MERIWAYATKAN ALBAIHAQI
BAHWA ALLAH DIATAS LANGIT
DENGAN RIWAYAT YANG DISANDARKAN KEPADA ABU
HANIFAH DALAM ASMA WA SIFAT HAL 429, DAN SETELAH UNGKAPAN TERSEBUT,BELIAU
(ALBAI HAQI) BERKATA: IN SOHAT ALHIKAYAT: KALO HIKAYAT INI SOHEH’ , NAH UCAPANNYA INI (IN SOHAT AL HIKAYAH)MENUNJUKAN BAHWA IMAM DZAHABI LUPA ATAS QAYID PENTING YANG DI ISYARAHKAN ALBAIHAQI YAITU UCAPAN: ''IN SOHAT ALHIKAYAT'', PADAHAL INI
ISYARAH YANG KUAT BAHWA DALAM RIWAYAT TERSEBUT BANYAK CACAT SEPERTI DIKATAKAN OLEH SYAIKH AL KAUSARI DALAM KITAB TAKMILAHNYA HAL 180.
DAN IMAM ALBAIHAQI MENYEBUTKAN DALAM BANYAK TEMPAT DI DALAM KITAB ASMA WA SIFAT NYA BAHWA ALLAH DISUCIKAN DARI TEMPAT DAN BATASAN, CONTOH:
1. BERKATA ALBAIHAQI: TELAH BERDALIL SAHABAT-SAHABAT
KAMI UNTUK MENAFIKAN TEMPAT BAGI ALLAH DENGAN
HADIST: ENGKAU YANG DOHIR
MAKA TIDAK ADA SESUATU
DIATASMU, DAN ENGKAU YG BATIN MAKA TIDAK ADA SESUATU DIBAWAHMU (HR. MUSLIM) (KITAB AL ASMA WA AS SIFAT HAL 400)

2. BERKATA ALBAIHAQI:SESUNGGUHNYA ALLAH TA’ALA
TIDAK BERTEMPAT DAN BERGERAK, KARENA BERGERAK, DIAM DAN BERTEMPAT ADALAH SIFAT JISIM/BENDA DAN ALLAH
MAHA ESA ADALAH TEMPAT BERSANDAR DAN TIDAK ADA YANG SEMISAL DENGANNYA.
(KTB AL ASMA WA AS SIFAT HAL 448-449)

MAKA JELAS KLAIM MEREKA BAHWA ALLAH BERTEMPAT DIATAS ARAS DENGAN BERSANDARKAN KALAM ABU
HANIFAH ADALAH BATHILL…!!!Lihat Selengkapnya
Album dan note tentang salafy wahaby
Oleh : Qultu Man Ana Juz-dua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar